Jenis-Jenis Burung Kacer Yang Bisa Anda Temukan Di Indonesia

Post Reply
maxmian
Posts: 620
Joined: Mon Mar 21, 2022 11:48 pm

Jenis-Jenis Burung Kacer Yang Bisa Anda Temukan Di Indonesia

Post: # 217053Post maxmian »

Kacer atau dikenal juga dengan kucica kampung adalah spesies burung berkicau yang ditemukan di Asia Tenggara dan Asia Selatan. Burung kacer memiliki ekor yang panjang dengan bulu berwarna hitam dan putih. Ekor burung ini akan naik saat duduk atau melompat di tanah.

Burung Kacer banyak ditemukan di dataran rendah pada ketinggian 1000 m di atas permukaan laut . Burung ini juga bisa hinggap dan bersarang di rongga pohon atau relung dinding. Biasanya burung kacer memakan serangga dan invertebrata lainnya. Meskipun demikian, burung ini juga dapat mengonsumsi nektar, ikan, lintah, kelabang, dan reptil.

Agar Anda bisa mengetahui tentang burung kacer, Anda bisa menemukannya di Kacer.co.id untuk mendapatkan informasi lebih lengkapnya. Namun, tidak hanya burung kacer saja, banyak jenis burung lain juga yang bisa Anda temukan secara lengkap dan detail.

Berikut jenis-jenis burung kacer yang terdapat di Indonesia adalah :

1. Burung kacer Jawa


Jenis burung ini juga bisa disebut kacer lokal. Menariknya, kacer ini didominasi warna hitam. Burung ini memiliki warna putih hanya di sayap tengah. Kacer Jawa dikenal sangat pandai menirukan suara irama burung lain.

2. Kacer Poci

Inilah jenis burung kacer yang paling populer di kalangan pecinta burung kicau. Kacer Poci juga bisa disebut Kacer Sumatera. Ciri fisik kacer  Poci mudah dikenali.

Kacer Poci atau Sumatera berwarna hitam pada bagian kepala, leher, punggung dan ekor. Sedangkan warna putih terdapat pada bagian dada, perut dan bagian tengah sayap. Kacer jenis ini juga memiliki suara kicauan yang nyaring dan dapat menirukan irama burung lain.

3. Kacer Kalimantan

Jenis burung ini memiliki karakteristik yang mirip dengan kacer Sumatera. Apalagi mengingat warna bulunya. Namun, pada bagian dada burung kacer Kalimantan ini berwarna hitam.

4. Kacer Blorok

Jenis burung ini merupakan hasil persilangan antara kacer Jawa dan kacer Poci. Burung kacer Blorok ini memiliki bulu dengan corak hitam putih. Selain itu, ada juga bulu yang tidak rata.

5.  Kacer Madagaskar

Seperti namanya, spesies burung ini berasal dari Afrika. Padahal dari segi penampilan, burung ini hampir mirip dengan kacer poci. Burung ini memiliki tubuh yang lebih bulat dari spesies lainnya. Tak hanya itu, Kacer Madagaskar juga dikenal memiliki suara yang jernih dengan mimik yang khas.

Itulah tadi jenis burung kacer yang bisa Anda temukan di Indonesia. Semoga bisa berguna bagi Anda para pecinta burung kicau.
Post Reply