5 Rekomendasi Hewan Lucu Yang Bisa Anda Pelihara di Rumah

Post Reply
maxmian
Posts: 620
Joined: Mon Mar 21, 2022 11:48 pm

5 Rekomendasi Hewan Lucu Yang Bisa Anda Pelihara di Rumah

Post: # 217048Post maxmian »

Hewan peliharaan umumnya jinak dan menyenangkan. Sebagian besar juga mudah dirawat di rumah, sehingga cocok untuk pemula atau anak-anak.

Apakah Anda tertarik untuk memiliki hewan peliharaan di rumah? Jika Anda tertarik, ada beragam hewan peliharaan lucu dan mudah dirawat yang bisa Anda adopsi.  Berikut beragam hewan lucu yang bisa Anda pelihara:

1. Ikan hias

Untuk pemula, Anda bisa memilih ikan cupang untuk dipelihara karena perawatannya yang mudah. Cupang ini dapat dengan baik hidup di akuarium kecil yang disimpan antara 24 dan 28 derajat Celcius.

Selain itu, ikan mas hias, ikan badut, ikan koi, ikan laba-laba, ikan louhan, dan ikan arwana adalah pilihan yang baik. Jenis hewan peliharaan ini hadir dalam berbagai bentuk, warna, dan pola, tetapi sama-sama menarik.

Pastikan untuk membeli ikan hias dari toko ikan khusus agar penjual dapat memberi tahu Anda cara merawat hewan tersebut dengan benar.

2. Kura-Kura

Anda bisa memelihara kura-kura Brazil, kura-kura Ambon, kura-kura cherry head, kura-kura leopard. Hewan-hewan ini mudah diberi makan dan hidup lama. Selain itu, kura-kura jarang menyebabkan alergi, jadi Anda tidak perlu khawatir.

Namun, Anda harus sangat berhati-hati saat merawatnya karena kura-kura berpotensi menularkan bakteri salmonella dengan mudah. Jadi pastikan untuk mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir setelah memegang kura-kura.

3. Kelinci

Kelinci juga merupakan hewan yang bisa dipelihara baik oleh anak-anak maupun orang dewasa. Bulunya yang lembut dan wajahnya yang imut sangat menggemaskan sehingga banyak orang yang menyukainya.

Namun, merawat hewan peliharaan untuk pemula membutuhkan kesabaran. Kelinci perlu dilatih untuk memercayai tuannya.

Setelah kelinci Anda "akrab" dengan Anda, mereka bisa menjadi teman yang baik. Memelihara kelinci juga tidak sulit, karena mereka cepat mematuhi pemiliknya.

4. Burung

Anda dapat membiakkan berbagai jenis burung seperti parkit, beo, lovebird, kakatua, kakatua atau merpati. Beberapa burung sangat cerdas tetapi membutuhkan perhatian khusus.

Bagi Anda yang masih pemula dan belum pernah memelihara burung sebelumnya, burung parkit atau burung kenari mungkin bisa menjadi pilihan yang tepat karena lebih mudah perawatannya. Maka dari itu Anda bisa menemukan cara merawat burung mulai dari burung pleci, kenari, murai dan yang lainnya di Pleci.id yang lengkap dengan harga, cara budidaya, tips dan lain sebagainya.

5. Kucing

Ada berbagai jenis kucing yang bisa dipelihara di rumah, mulai dari kucing Angora, kucing Persia, kucing Ragdoll, kucing Maine Coon hingga kucing American Shorthair.

Bukan hanya makanan dan kandang saja yang perlu diperhatikan, kucing juga perlu pemeriksaan kesehatan dan vaksinasi. Anda juga perlu berhati-hati karena hewan ini dapat mencakar dirinya sendiri.

Selain itu, jangan menyentuh feses secara langsung karena takut akan parasit Toxoplasma gondii yang dapat menyebabkan infeksi Toxo.

Pilih hewan peliharaan yang masih kecil karena dianggap lebih aman. Pastikan juga bahwa Anda atau anak Anda tidak memiliki alergi terhadap hewan yang dipelihara untuk mencegah berbagai gangguan kesehatan yang mungkin timbul.
Post Reply